• MTSN 7 JEMBER
  • Religius Kompetitif Global Peduli Lingkungan

Sejarah Berdirinya MTsN 7 Jember

Gedung MTsN 7 Jember

MTsN 7 Jember yang beralamat di jalan WR. Supratman No. 55 Umbulrejo Umbulsari  lahir dari perjalanan panjang sebuah sejarah persekolahan di Jember.  Sebuah perjalanan sejarah yang tidak boleh dilupakan oleh siapa pun, khususnya masyarakat Jember, dan keluarga besar di lingkungan Kementerian  Agama pada umumnya.

MTs Negeri 7 Jember pada mulanya berdiri atas inisiatif dan prakarsa, serta perjuangan ikhlas para tokoh dan para  sesepuh kota Jember.  Atas  parakarsa  dan inisiatif  tersebut, pada tahun 1985 berdirilah sebuah lembaga pendidikan Islam  setingkat  MTs  di Desa Umbulrejo Umbulsari Jember. Lembaga pendidikan ini pada mulanmya diberi nama MTs Persiapan yang beralamat di Jalan WR. Supratman No. 55 Umbulrejo Umbulsari Jember.

Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor : 107 Tahun 1997, tertanggal 17 Maret 1997 tentang pembukaan dan penegerian madrasah MTs Persiapan yang berstatus swasta berubah nama menjadi menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri Umbulsari berstatus madrasah negeri. Perjalanan panjang berikut terhitung mulai tanggal 17 November 2016 berdasarkan keputusan menteri agama ( KMA) no 673 tahun 2016 tentang perubahan nama madrasah du Jawa Timur MTs Negeri Umbulsari secara resmi berganti namanya MTsN 7 Jember.

Searah dengan perkembangan dan pertumbuhan MTs Negeri 7 Jember yang terus melaju,Karena adanya pertumbuhan dan perkembangan murid yang cukup pesat, terbersit keinginan untuk memiliki tanah dan gedung permanen agar konsentrasi pengembangan lebih terfokus. Alhamdulillah, atas ridlo dan karunia Allah SWT, keinginan untuk memiliki tanah dan sebuah gedung permanen itu terwujud sebagaimana yang ada sekarang ini.

Dengan modal keikhlasan dan perjuangan karena Allah SWT, para perintis melakukan pengembangan secara terus-menerus dalam segala bidang, baik bidang sarana prasarana, bidang akademik ,ketenagaan, bidang  program  kurikuler, dan program  keterampilan. Akhirnya berkat Perjuangan para perintis sampailah seperti sekarang ini, dan jadilah MTsN 7 Jember seperti yang ada sekarang ini. Pengembangan dan peningkatan di berbagai bidang senantiasa terus dilakukan, tidak pernah berhenti sampai  nanti.

Sejak berdirinya hingga kini keadaan siswa mengalami perkembangan yang luar biasa pesatnya. Perlu diketahui bahwa siswa-siswa yang belajar di MTsN 7 Jember berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan sebagaian besar siswa berasal dari luar kota Jember. Karena begitu besarnya animo masyarakat terhadap madrasah ini, maka jumlah siswa yang diterima pun sangat besar.

Animo masyarakat pada MTsN 7 sangat luar biasa , Sehingga sebelum tahun pelajaran 2020/ 2021 jumlah siswa di madrasah ini mencapai 24 kelas, masing-masing tingkat kelas sebanyak 8 kelas, suatu jumlah siswa yang sangat menakjubkan. Jumlah siswa yang sangat besar ini tidak didukung oleh sarana kelas yang memadahi dan seimbang. Untuk mengantisipasi itu, maka proses pembelajaran dilakukan pagi dan siang. Sistem pembelajaran seperti itu, melalui pengamatan, penelitian dan kajian ternyata ‘kurang efektif’. Karena itulah mulai dilakukan upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui ‘program pengurangan jumlah siswa’ secara certahap.

masterplan

Sejak tahun pelajaran 2020/ 2021, secara berangsur-angsur jumlah penerimanan siswa baru mulai dikurangi dan dibatasi. Pada tahun pelajaran 2020/ 2021 jumlah siswa dapat mencapai angka normal, masing-masing tingkat ada 7 - 8 kelas paralel, setiap kelas sebanyak-banyaknya 32 siswa. Kegiatan pembelajaran dilakukan pagi hari, dimulai pukul 06.50 dan berakhir pukul 13.50.

Pengurangan dan pembatasan jumlah penerimaan ini dilatarbelakangi antara lain (a) sudah tidak memungkinkan untuk melaksanakan KBM pagi – siang, (b) sudah waktunya  untuk meningkatkan pengembangkan kualitas, (c) adanya persaingan yang semakin ketat di antara lembaga pendidikan, dan (d) sudah waktunya sekolah melakukan program MPMBM (Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah), dan (e) adanya berbagai tuntutan peningkatan mutu layanan dari masyarakat.

Saat ini para banyak alumni MTsN 7 Jember , banyak mengisi kebutuhan masyarakat. Mereka ada di mana-mana, di berbagai sektor kehidupan masyarakat, baik di wirausaha maupun di pemerintahan, serta bidang-bidang lain, seperti bidang politik dan bidang pendidikan. Mereka semua berkarya di bidang wiraswata, pegawai negeri, dosen, guru, mubalig, bidang hukum, militer, kepolisian, anggota dewan yang siap mengabdikan dirinya membangun bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta. ( Editor: IHS)

Halaman Lainnya
Wakil kepala

Wakil Kepala Bidang Kurikulum MTsN 7 Jember Nama: HERMAWAN SUPRIYADI, S.Pd. M.PdJabatan: Wakil Kepala Bidang KurikulumPendidikan:  1. SDN Sumberagung 01 Tahun 1995 2. SMPN 1 Tangg

11/09/2024 15:37 - Oleh Administrator - Dilihat 42 kali
Madrasah Literasi

Profil MTsN 7 Jember: Madrasah Literasi Nama Madrasah: MTsN 7 Jember Alamat: Jalan WR. Supratman No. 55 Umbulrejo Umbulsari  Jember, Jawa Timur Kontak: Telepon: - Email: Jembermts

11/09/2024 14:31 - Oleh Administrator - Dilihat 6 kali
Madrasah Adiwiyata

Profil MTsN 7 Jember Nama Madrasah: MTsN 7 JemberAlamat: Jalan Raya Jember, No. 123, Jember, Jawa Timur, IndonesiaKontak: Telepon: (0331) 123456, Email: mtsn7jember@gmail.comWebsite: w

11/09/2024 14:31 - Oleh Administrator - Dilihat 14 kali
Paduan Suara

Profil Ekstrakurikuler Paduan Suara MTsN 7 Jember Ekstrakurikuler Paduan Suara di MTsN 7 Jember adalah program seni vokal yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan bernyanyi, harm

11/09/2024 12:22 - Oleh Administrator - Dilihat 7 kali
Musik

Profil Ekstrakurikuler Musik MTsN 7 Jember Ekstrakurikuler Musik di MTsN 7 Jember adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam berbagai genre musik. Pro

11/09/2024 12:21 - Oleh Administrator - Dilihat 8 kali