• MTSN 7 JEMBER
  • Religius Kompetitif Global Peduli Lingkungan

Bahasa Ibu harus Tetap Lestari dan Terjaga Sepanjang Masa

Bahasa merupakan alat komunikasi antar sesama manusia. Tak dapat dipungkiri, jika semua manusia selalu berkomunikasi dengan bahasa. Tanpa bahasa manusia akan hampa. Tanpa bahasa manusia akan bisu. Bahasa memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Bahasa merupakan alat pemersatu bangsa. Bahasa menunjukkan bangsa. Bahasa apakah itu? Tentunya Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional kita.
 
Kita harus selalu menjunjung tinggi bahasa Indonesia dan harus selalu melestarikan bahasa Indonesia tercinta dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar berarti kita ikut melestarikan bahasa Indonesia. Sebaliknya jika kita tidak menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar - berarti kita tidak ikut melestarikan bahasa Indonesia dengan sebaik-baiknya.Itulah harapan kita dalam melestarikan bahasa yaitu bahasa Indonesia.
 
Di samping itu, perlu kita ingat dan ketahui bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan bahasa. Bahasa yang kita miliki bukan hanya bahasa Indonesia tetapi ada bahasa yang sangat memiliki peranan penting dalam berkomunikasi yaitu "Bahasa Ibu" kita. Bahasa ibu merupakan bahasa pertama yang dikuasai manusia sejak lahir dan dipakai dalam kehidupan keluarga atau masyarakat lingkungan sekitar kita. .Apakah bahasa Jawa, bahasa Madura, atau bahasa yang lain sesuai dengan keluarga atau di mana masyarakat itu tinggal.. Bahasa ibu sangat berguna dan sangat bermanfaat dalam berkomunikasi antar sesama dalam kehidupan sehari-hari.
 
Semua yang sudah ada merupakan kekayaan Indonesia yang berbhineka tunggal ika namun tetap satu jua. Walaupun beraneka ragam bahasa tetapi tetap bersatu, menyingsingkan lengan baju untuk menjaga demi kelestarian bahasa ibu kita. Kita harus bangga dan patut bersyukur dengan apa yang kita miliki. Dengan kata lain, kita wajib dan harus melestarikan dengan sebaik-baiknya bahasa yang sudah ada. Jangan sampai kita meremehkan atau menyepelekan bahasa yang sudah menjelma mulai dari awal/asli yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat kita.
 
"Bagaimanakah kita sebagai pengguna bahasa /pemakai bahasa, sudahkan ikut melestarikan Bahasa Ibu?" Perlu kita cermati dan kita pahami sebagai manusia Indonesia yang sepatutnyalah memelihara/ bahkan melestarikan bahasa Ibu. Dengan menggunakan bahasa Ibu yang baik dan benar berarti kita termasuk ikut melestarikan bahasa Ibu. Dengan melestarikan berarti semakin menunjukkan rasa cinta tanah air kita, dapat mengetahui nilai-nilai luhur bangsa, dapat menambah wawasan dan pengetahuan , dapat menambah kreativitas dan bakat sesorang, serta menghargai bahasa kita. Sebaliknya jika kita tidak menggunakan bahasa Ibu yang baik dan benar berarti itulah yang dikatakan tidak ikut melestarikan bahasa Ibu.
 
Bahasa ibu sangat memberi peranan yang sangat besar karena bahasa ibu dapat memudahkan orang dalam memahami atau memaknai komunikasi. Kadang kita sulit untuk memberi makna atau arti dalam berbahasa tetapi bahasa ibulah yang dapat memberi kemudahan dalam memahami sebuah makna yang sekiranya susah untuk dimengerti. Benar-benar memberi peran yang cukup membanggakan dalam berkomunikasi.
 
Komunikasi yang mudah dipahami akan memberi kelancaran dalam menerima pesan kepada seseorang karena mudah diterima dan dimengerti. Bahasa ibu memberikan keluwesan dan keakraban dalam menyampaikan pesan oleh pemakai bahasa. Apalagi bahasa yang pertama dan dikuasai mulai lahir dalam kehidupan keluarga maupun masyarakat sekitar. Bahasa ibu dapat membuat enjoy para pemakai bahasa bangga karena sehari-hari digunakan untuk berkomunikasi dalam lingkungan terutama dengan keluarga bahkan lingkungan masyarakat.
 
Untuk itu mari kita menjaga dan mengunakan bahasa ibu dengan sebaik-baiknya sehingga bahasa ibu dapatlah tetap terjaga sepanjang masa. Bahasa ibu tidak dapat dihilangkan dan dibiarkan akan tetapi harus tetap menyatu dalam hati bangsa kita bangsa Indonesia. Bangsa yang kaya akan budaya, bahasa dan segala aneka warna namun tetaplah satu jua. Bahasa Indonesia adalah bahasa bangsa Indonesia. Bahasa ibu adalah bahasa Bangsa Indonesia. Semua adalah milik bangsa Indonesia. Bahasa ikut membangun bangsa Bahasa pemersatu bangsa. Pastinya semua cinta tanah air Indonesia. Semua cinta bahasa tercinta Indonesia. ( Sujarwati, S.Pd)

Tulisan Lainnya
Kurikulum Merdeka Menciptakan Siswa Kreatif dan Inovatif

Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada pendidik untuk merancang,mendesain dan melaksanakan  pembelajaran yang lebih intensif, kreatif ,inovatif dan kompetitif. Hal ini

08/09/2024 18:34 - Oleh Administrator - Dilihat 13 kali