Umbulsari – MTs Negeri 7 Jember menyelenggarakan kegiatan rutin untuk menyambut siswa baru yaitu masa taaruf siswa madrasah (MATSAMA). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17, 18 dan 20 Juli 2023. Penanggungjawab kegiatan ini adalah waka kesiswaan. Panitia pelaksana kegiatan adalah anggota OSIM MTs Negeri 7 Jember. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kekompakan, kedisplinan, dan kemampuan siswa baru. Sebanyak 227 siswa baru mengikuti kegiatan matsama ini.

Matsama diawali dengan kegiatan apel pembukaan. Kegiatan ini dibuka oleh waka kurikulum, Hermawan Supriyadi, S.Pd selaku perwakilan Kepala MTs Negeri 7 Jember yang berhalangan hadir. “Masa taaruf siswa madrasah ini dilaksanakan agar kalian dapat mengenal lingkungan madrasah, baik dari bapak dan ibu guru, karyawan, dan aturan, norma serta budaya dan tata tertib apa saja yang berlaku di madrasah.” Tegas waka kurikulum tersebut.

Siswa kemudian memasuki kelas masing-masing sesuai dengan gugus. Rangkaian kegiatan pada hari pertama adalah materi kurikulum, moderasi beragam, materi BK, materi kehumasanan, lingkungan madrasah. Kegiatan pada hari kedua adalahmateri kesiswaan, atraksi atau pengenalan ekstrakurikuler, game, mencari personalia madrasah, dan yel-yel. Kegiatan pada hari ketiga adalah pelatihan PBB oleh Koramil Kec. Umbulsari, upacara penutup.

Setiap kegiatan matsama, selalu diawali dan diakhiri dengan pembiasaan. Sholat dhuha dilaksanakan sebelum masuk kelas dan sholat dhuhur setelah kegiatan selesai. Guna untuk mengubah kebiasaan baru siswa sehingga dapat mengikuti kegiatan pembiasaan yang dilakukan di madrasah.

@olik

By maone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *