Senin,17 Jui 2023 hari pertama di awal tahun pelajaran 2023/2024 merupakan hari yang paling menarik bagi peserta didik baru MTs.N 7 Jember. Peserta didik diwajibkan untuk mengikuti Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. Dengan semangat dan antusias tinggi seluruh siswa megkuti acara yang telah diagendakan oleh MTs.N 7Jember. Kegiatan MATSAMA dikoordinatori oleh Bapak Soim, S.Pd. bersama tim bekerja sama dengan baik sehingga dapat berjalan lancar. Pembukaan MATSAMA diwakili oleh Bapak Hermawan Supriyadi, S.Pd. selaku wakil kepala Kuriulum karena Bapak Ihsanuddin, S.Pd.,M.Pd. ada acara dinas luar.

Di acara MATSAMA ini sangat memberi perhatian khusus karena agen, Kader, dan duta moderasi beragama Dharma wanita Persatuan MTs.N Jember ikut menyukseskan MATSAMA dengan memberikan materi moderasi beragama bersama “Bunda Modiis”( (Bangkit untuk Negara Damai dan Aman yang Moderat Isnpiratif, Inovaif dan Santun). Dengan didampngi oleh pengurus dharma wanita Kementerian Agama Kabupaten Jember Ibu Choirul Anwar , Ibu ketua Dharma Wanita Persatuan MTs.N 7 Jember ibu Rita Rusdiani Ihsanudin,Ibu Nurul Laili, S.Pd selaku Agen ibu Nurul Laili, S.Pd.dan 4 siswa sebagai Duta Modiis MTs.N 7 Jember.

Peserta didik baru MTs. N 7 Jember diberi materi tentang moderasi beragama oleh Ibu Nurul Laili, S.Pd. selaku agen Bunda Modis bahwa moderasi beragama sangatlah penting bagi peserta didik untuk dipahami, dimengerti bahkan harus mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Moderasi beragama merupakan pendekatan atau sikap yang menekankan pada tolerasi, pengertian, dan penerimaan terhadap perbedaan kepercayaan agama dan keyakinan antara individu maupun kelompok. Moderasi beragama selalu mengedepankan nilai-nilai tolerasi, pengertian dan empati, dan dialog dan komunikasi.

Mengapa perlu moderasi beragama karena Islam itu moderat, Indonesia Itu beragam, dan memahami moderasi beragama saja tidak cukup. Ayo kita praktikkan nilai-nilai moderat tersebut dalam kehidupan sehari-hari disekolah, dirumah dan dilingkunganmu. Hal inilah sangat perlu diketahui oleh peserta didik MTs.N 7 Jember. Dan ada 4 indikator nilai moderasi beragama yaitu komitmen kebangsaan, anti kekerasaan,tolerasi, dan adaptasi terhadap kebudayaan lokal. Ibu Nurul Laili menyampaikan bahwa tolerasi merupakan sikap untuk memberi ruang dan tidak mengganggu hak orang lain untuk berkeyakinan, mengekspresikan keyakinannya, dan menyampaikan pendapat meskipun hal tersebut berbeda dengan apa yang kita yakini. Jadi toleransi mengacu pada sikap terbuka, lapang dada, sukarela, dan lembut dalam menerima perbedaan.

Mengharap dengan materi moderasi beragama peserta didik baru MTs.N 7 Jember mampu dan mau menjaga, menghormati, menghargai antar sesama walau dihadapkan dengan keberagaman suku, bahasa,agamadan sebagainya. Walau berbeda tetap dan selalu bersama untuk menjujung tinggi persatuan dan kesatuan menjadi satu.
Selanjutnya untuk merefres peserta MATSAM, para duta Bunda Modis didampingi Agen dan Kader oleh mengajak peserta didik baru MTs.N 7 Jember untuk bermain ular tangga sampai akhir permainan diberi hadiah untuk yang memenangkan permainan ular tangga tersebut. Sebelum permainan dimulai Duta menyampaikan tata cara permainan dengan tegas dan menarik kepada peserta didik baru MTs.N 7 Jember.

Setelah selesai materi untuk meningkatkan semangat peserta diajak untuk beryel-yel terlebih dahulu kemudian permainan dimulai. Siswa dibagi menjadi 2 tim yaitu tim 1 dan tim 2. Masing-masing tim ada 8 peserta .

Dalam permainan akhirnya dimenangkan oleh tim 1. Pemenang permainan ular tangga mendapatkan hadiah yang menarik yang telah disiapkan oleh para duta Bunda Modis. Dengan permainan ini berharap pesertadidik dapat bekerja sama dan berperilaku sopansantu, saling menghargai sesama teman dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan cermin dari moderasi beragama.

By maone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *