Umbulsari – MTs Negeri 7 Jember melaksanakan rapat persiapan penilaian madrasah adiwiyata pada hari Selasa (10/09/2023). Rapat dilaksanakan pukul 10.00 WIB bertempat di ruang kelas 8A. Rapat dihadiri oleh kepala madrasah dan waka MTs Negeri 7 Jember, serta tim adiwiyata. Rapat ini bertujuan untuk menyelesaikan penilaian adiwiyata.

Rapat persiapan adiwiyata dipimpin oleh Waka Sarana dan Prasarana MTs Negeri 7 Jember, Agus Supaniadi, S.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan pengarahan dari Kepala MTs Negeri 7 Jember, Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd. “Adiwiyata adalah sebuah program yang mengajarkan kepada anak-anak untuk peduli dan cinta kepada lingkungan terutama lingkungan yang berada di sekitarnya”. Melalui program ini kita bisa secara bersama-sama membentuk madrasah yang peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang. MTs Negeri 7 Jember merupakan salah satu madrasah yang dicalonkan untuk menerima penghargaan adiwiyata. Penilaian yang dilakukan untuk mendapatkan penghargaan tersebut meliputi berbagai kriteria dari kegiatan yang tercakup dalam Permen LHK no.53 tahun 2019 tentang Penghargaan Adiwiyata yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi gerakan PBLHS.

Dalam menjalankan dan melaksanakan Program Sekolah Adiwiyata, setiap sekolah paling tidak memenuhi setidaknya 4 indikator pokok yang harus diperhatikan oleh pihak sekolah, yaitu: kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan dan pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif (ekstrakurikuler), dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Untuk dapat memenuhi seluruh penilaian tersebut, maka MTs Negeri 7 Jember membentuk tim adiwiyata yang terdiri dari 15 tim kerja. Langkah awal penilaian sekolah adiwiyata dimulai dengan pengisian formulir penilaian yang dilengkapi dengan beberapa berkas pendukung. Seluruh tim berkumpul sesuai dengan kelompok kerjanya untuk dapat melengkapi dan mengumpulkan data-data yang dibutuhkan. Semoga dengan segala upaya yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal untuk MTs Negeri 7 Jember menuju sekolah adiwiyata yang berwawasan lingkungan.

@femdana

By maone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *