Tahun baru hijriyah merupakan salah satu hari bersejarah bagi umat Islam sebagai penanda peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah. 1 Muharram 1445 H tahun ini jatuh pada hari Rabu, 19 Juli 2023. Momentum tahun baru hijriyah dapat dimaknai sebagai awal untuk terus bersemangat dalam berhijrah menuju hal yang lebih baik lagi. Sehubungan dengan peringatan tersebut, MTs Negeri 7 Jember menyelenggarakan kirab dan lomba sepeda hias yang dilaksanakan pada Jumat, 21 Juli 2023. Kirab ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi beserta guru dan karyawan MTs Negeri 7 Jember. Selain untuk mengembangkan kreatifitas siswa, kirab sepeda hias juga merupakan salah satu sarana dalam syiar Islam. Para siswa terlihat sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini dengan berlomba-lomba menghias sepeda mereka sekreatif mungkin dalam berbagai macam warna dan bentuk.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember. Pada pembukaan, para siswa dikumpulkan di halaman belakang MTs Negeri 7 Jember untuk mendapatkan pengarahan kegiatan yang disampaikan oleh Waka Kesiswaan MTs Negeri Jember, M. Fatkhis Su’ud, S.Pd.I. Adapun rute perjalanan kirab sepeda hias meliputi wilayah Desa Umbulrejo – Semboro – Padang Rejo – Sidorejo – kembali ke madrasah. Sebelum diberangkatkan, kegiatan ditutup dengan pembacaan doa agar selamat sampai kembali ke madrasah. Kirab sepeda hias diberangkatkan pukul 07.40 WIB yang diiringi oleh tim hadrah dan diikuti dengan barisan kepala madrasah beserta para waka MTs Negeri 7 Jember. Pemberangkatan dilakukan secara berurutan dari kelas IX sampai dengan kelas VII yang didampingi oleh bapak/ibu wali kelas. Setiap kelas sangat kompak menampilkan sepeda hias mereka dengan berbagai hiasan dalam memeriahkan peringatan tahun baru hijriyah kali ini.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta dan mengingat kembali peristiwa bersejarah dalam agama Islam.

@femda

By maone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *