Sabtu, 22 Oktober 2022
Tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional. MTs Negeri 7 Jember mengadakan upacara bendera yang dilaksanakan di halaman depan MTs Negeri 7 Jember. Upacara bendera dimulai pada 07.10 WIB dan dipimpin oleh pembina upacara yaitu Bapak Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd. Dalam amanatnya beliau memberikan evaluasi pelaksanaan upacara bendera. Kegiatan telah berjalan dengan baik dan tertib. Baik peserta maupun petugas upacara terlihat sangat antusias dalam mengikuti upacara hari ini. Namun dalam beberapa hal masih perlu ditingkatkan lagi agar para siswa dapat lebih fokus dalam mengikuti kegiatan.

Selain itu, beliau menyampaikan tentang peristiwa sejarah dibalik penetapan Hari Santri Nasional. Hari santri diresmikan pada tahun 2015 oleh Presiden Joko Widodo. Adanya Hari Santri merupakan salah satu runtutan peristiwa yang dilakukan oleh para ulama dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kemerdekaan Indonesia diproklamirkan pada tahun 1945. Ketika pemerintah sudah resmi dibentuk, ternyata para penjajah masih ingin menguasai Indonesia. Sehingga seorang tokoh ulama besar Indonesia, Kiai Hasyim Asy’ari ingin bisa mempertahankan Indonesia dengan mengadakan sebuah rapat yang menghasilkan istilah Resolusi Jihad pada tahun 1945.

Resolusi Jihad berisi kewajiban untuk tetap mempertahankan kemerdekaan. Dengan adanya resolusi tersebut dapat membakar semangat para santri dan ulama dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Serangkaian peristiwa berlanjut kepada peristiwa 10 November yang terjadi di Surabaya. Sehingga meletuslah perang dimana seorang jenderal gugur karena semangat yg dikobarkan dalam Resolusi Jihad. Hinngga saat ini peristiwa tersebut diperingati sebagai Hari Pahlawan. Dengan adanya peristiwa-peristiwa tersebut dapat menjadikan kita sebagai seorang warga negara yang tidak pernah lupa terhadap sejarah dan perjuangan para pahlawan dalam memeperjuangkan kemerdekaan.

Bapak Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Madrasah berharap siswa-siswi Mts Negeri 7 Jember sebagai generasi penerus bangsa dapat mempunyai semangat yang besar dalam belajar dan menggapai cita-cita. Beliau juga berpesan bahwa para siswa harus terus meningkatkan akhlaq dalam berperilaku baik kepada guru, orang tua maupun terhadap sesama. Pada pukul 07.50 WIB kegiatan upacara bendera selesai. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan acara perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di setiap kelas yang didampingi oleh wali kelas masing-masing.

By maone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *