Sabtu, 10 September 2022, guru kelas 7 dalam mempersiapkan penerapan kurikulum merdeka, MTs Negeri 7 Jember mengadakan rapat koordinasi Kurikulum Merdeka yang bertempat di Lab Komputer MTs Negeri 7 Jember. Rapat dimulai pada pukul 13.55 WIB yang dipimpin oleh Bapak Hermawan Supriyadi, S.Pd. serta dihadiri oleh kepala madrasah dan bapak/ibu guru pengampu mata pelajaran kelas 7 MTs Negeri 7 Jember.

Rapat dibuka dengan membaca bismillah bersama. Kemudian dilanjutkan dengan pengarahan oleh Kepala MTs Negeri 7 Jember, Bapak Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd., Dalam pengarahannya, beliau menyampaikan bahwa MTs Negeri 7 Jember menjadi salah satu madrasah yang ditunjuk sebagai piloting Kurikulum Merdeka. Oleh sebab itu, maka diperlukan berbagai persiapan sesuai dengan regulasi yang telah ditentukan. Langkah awal yang telah dilakukan oleh MTs Negeri 7 yaitu dengan mengadakan “Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan pada bulan Juli 2022. Tahap selanjutnya yaitu penyusunan modul ajar yang mengacu pada Kurikulum Merdeka. Dalam penyusunannya, bapak/ibu guru dapat memanfaatkan platform merdeka belajar untuk dijadikan referensi dan acuan dalam penyusunan perangkat ajar. Platform ini menyediakan berbagai fitur yang berkaitan dengan bahan ajar, modul ajar, modul proyek dan buku teks pada Kurikulum Merdeka. Dengan adanya platform tersebut, diharapkan dapat mempermudah bapak/ibu guru dalam pembuatan perangkat mengajar.

Acara dilanjutkan dengan pembahasan terkait dengan proyek penguatan profil pelajar pancasila. Pembahasan ini meliputi tentang tema, waktu, dan pembagian tugas bapak/ibu guru pendamping proyek.
Berdasarkan KMA Nomor 347 Tahun 2022, proyek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan sebanyak 20 – 30% pekan dalam 1 tahun. Proyek pertama dan kedua MTs Negeri 7 Jember akan dilaksanakan pada semester ganjil pekan ke 3 dan 4 bulan September dan Oktober 2022. Dan proyek ketiga akan dilanjutkan pada semester genap 2023. Proyek pertama dimulai pada tanggal 19 – 30 September 2022 dengan tema Demokrasi Pancasila.
Kemudian dilanjutkan dengan koordinasi pembagian tugas pendamping proyek sebagai berikut:

  1. Ketua : Bapak Hermawan Supriyadi, S.Pd.,
  2. Sekretaris : Bapak Vareza Juniardi, S.Pd
  3. Bendahara : Bu Isnaini, S.Pd.
    Adapun koordinator dari proyek ini yaitu masing-masing wali kelas 7 dan seluruh guru mata pelajaran sebagai pelaksana proyek. Selain itu juga terdapat 3 bagian dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila meliputi bagian perencanaan, pelaksana dan pelaporan. Untuk pengurangan jam pembelajaran akan diisi dengan kegiatan hafalan Juz Amma dan kagiatan pembiasaan yang akan dilaksanakan pada hari Selasa dan Kamis. Rapat koordinasi Kurikulum Merdeka berakhir pada pukul 16.45 WIB.

@femda

By maone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.