Senin, 05 September 2022, MTs Negeri 7 Jember melaksanakan upacara bendera untuk pertama kalinya pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan MTs Negeri 7 Jember dan diikuti oleh segenap bapak/ibu guru serta seluruh siswa-siswi MTs Negeri 7 Jember. Petugas dalam upacara kali ini yaitu anggota OSIM MTs Negeri 7 Jember. Pada persiapan upacara, siswa dibariskan berdasarkan urutan kelas. Bagian barat dimulai dari kelas 7, 8 dan pada bagian sisi timur diisi oleh siswa kelas 9. Pembina upacara pada pagi hari ini yaitu Bapak Hermawan Supriyadi, S.Pd.

Beliau memberikan evaluasi terkait dengan kegiatan bahwa upacara bendera telah berjalan dengan tertib, rapi, dan lancar. Siswa dapat mengikuti kegiatan dengan baik meskipun ada beberapa siswa yang terlihat kurang sehat. Beliau menghimbau bagi seluruh siswa untuk menjaga kesehatan serta melengkapi kebutuhan vitamin sehingga dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Bagi siswa yang merasa kurang sehat diminta untuk menggunakan masker agar dapat mencegah penyebaran virus dalam skala yang lebih luas. Selain itu beliau juga memberikan pengarahan terkait dengan kelengkapan administrasi kelas seperti jadwal pelajaran, jadwal piket, denah duduk, struktur kelas, visi misi madrasah dll. Kelengkapan inventaris kelas seperti board marker, penghapus, sapu dll juga perlu dilengkapi. Bapak Hermawan berharap antara wali kelas dan pengurus kelas dapat berkoordinasi untuk segera melengkapi kekurangan tersebut.

Dalam pengarahannya, beliau memberikan evaluasi terkait dengan kebersihan kelas di MTs Negeri 7 Jember. Ada beberapa kelas yang masih perlu ditingkatkan lagi kepeduliannya pada kebersihan. Seluruh siswa diharapkan dapat menjaga kebersihan lingkungan madrasah serta dapat membuang sampah pada tempatnya. Disamping itu, terdapat informasi pendidikan terkait dengan kurikulum madrasah. MTs Negeri 7 Jember terpilih sebagai salah satu piloting project untuk kurikulum merdeka. Sasaran untuk pengaplikasian kurikulum merdeka dilaksanakan untuk kelas 7. Adapun perbedaan dari kurikulum tiga belas (K13) dengan kurikulum merdeka terdapat pada jumlah jam pelajaran. Pada kurikulum merdeka total jam pembelajaran dalam 1 minggu sebanyak 40JP. Sehingga untuk siswa kelas 7, kegiatan pembelajaran dapat berakhir lebih awal. Namun, pengurangan jam pembelajaran akan diisi dengan beberapa project yang akan dilaksanakan oleh siswa didampingi oleh tim proyek madrasah.

Kemudian, tepat pukul 07.45 WIB upacara bendera diakhiri dan diambil alih oleh waka kesiswaan dengan pengumuman prestasi siswa pada semester genap tahun ajaran 2021/2022.

By maone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.