Situbondo — MTs Negeri 7 Jember menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Tahun 2023 pada Jumat, 15 Desember 2023. Acara ini bertempat di Aula Hotel Sido Muncul 1, Pasir Putih Situbondo dan dihadiri oleh stakeholder MTs Negeri 7 Jember yang diantaranya kepala madrasah, guru dan karyawan madrasah. Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Jember, Dr. Akhmad Sruji Bahtiar, M.Pd.I juga turut hadir dalam acara ini.

Evaluasi diri madrasah merupakan sebuah kegiatan evaluasi bersifat internal yang bertujuan untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap proses penyelenggaraan pendidikan yang telah dilaksanakan di MTs Negeri 7 Jember. Dalam sebuah kegiatan pasti ada sebuah kekurangan dan keunggulan yang akan muncul selama pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan. Untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki madrasah, maka perlu diketahui apa saja kekurangan yang harus diperbaiki dan keunggulan-keunggulan apa saja yang perlu ditingkatkan. Dengan melakukan evaluasi inilah akan ditemukan solusi dari beberapa permasalahan yang ditemui sekaligus dapat menemukan inovasi baru dalam pengembangan potensi madrasah. Seperti sebuah kalimat yang mengatakan bahwa “orang baik itu bukanlah orang yang tidak pernah berbuat salah, melainkan orang yang melakukan kesalahan dan mau memperbaikinya”. Salah satu pencapaian terbesar MTs Negeri 7 Jember pada tahun 2023 yaitu tercapainya program madrasah adiwiyata tingkat kabupaten. Pada tanggal 19 Desember 2023, kepala madrasah MTs Negeri 7 Jember akan menerima SK madrasah adiwiyata dari bupati Kabupaten Jember.

Terdapat 5 aspek penting dalam evaluasi diri madrasah diantaranya:

  1. Kedisiplinan
    Kunci dari orang sukses adalah mampu mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Seperti yang tertuang dalam Surat Al-Ashr yang berarti demi waktu/masa. Surat ini memberikan penjelasan bahwa dengan waktu kita ini akan bisa melakukan apapun. Ukuran keimanan seseorang dapat kita lihat dari cara orang tersebut mempergunakan waktunya. Waktu bagaikan pedang yang akan memotong seluruh potensi, cita-cita dan keinginan kita jika tidak dipergunakan dengan sebaik mungkin.
  2. Pengembangan diri guru
    Seorang guru harus memiliki target kegiatan yang akan dilakukan di madrasah. Setiap guru perlu memiliki semangat dalam mengembangkan potensi diri untuk membangun madrasah yang lebih baik lagi. Orang yang disiplin akan berbanding lurus dengan orang yang mampu mengembangkan dirinya. Dan hal tersebut dapat dimulai dengan membangun rasa cinta kita kepada tugas dan tanggung jawab yang kita miliki pada madrasah.
  3. Aspek persiapan perencanaa KBM (Kegiatan Belajar Mengajar)
    Pentingnya bagi seorang guru untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan di dalam kelas diantaranya dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), memilih starategi yang akan digunakan, dan mencari media yang tepat dengan kemampuan para siswa. Penggunaan media pembelajaran dapat berdampak positif pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas karena mampu merangsang pengetahuan siswa dengan bantuan gambar, video, audio, flashcard maupun media pembelajaran siswa.
  4. Kualitas siswa (output dan outcome)
    Untuk dapat meningkatkan kualitas siswa maka perlu dilakukan pengadaan berbagai program kegiatan yang mampu mengasah kompetensi siswa secara langsung baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Dalam hal ini maka perlunya dukungan dari pihak sekolah dan guru untuk dapat membimbing siswa dalam meningkatkan potensi yang dimiliki.
  5. Perencanaan keuangan
    Salah satu kunci sukses terselenggaranya suatu program kegiatan yaitu dengan adanya perencanaan pembiayaan yang baik sehingga dapat terlaksana dengan lancar. Oleh karena itu, setiap kegiatan yang akan dilaksanakan perlu disusun perencanaan alokasi keuangan yang akan digunakan. Sehingga dapat memperkirakan keuangan yang dikeluarkan. Tentunya setiap pengeluaran akan dilakukan akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dari madrasah.

By maone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *