Jum’at, 29 Juli 2022, dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, MTs Negeri 7 Jember menyelenggarakan Ta’aruf Tahun Baru Hijriah dengan tema “Meningkatkan Penghayatan Siswa Terhadap Hijrah Nabi Muhammad SAW dalam Syi’ar Sholawat Bersepeda Keliling Umbulsari”. Seluruh siswa kelas 7, 8 dan 9 didampingi oleh para wali kelas turut berperan aktif dalam merayakan kegiatan ini yang merupakan salah satu hari besar bagi umat Islam.

Kegiatan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H MTs Negeri 7 Jember diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Bapak Soi’m, S.Pd.I. di lapangan belakang MTs Negeri 7 Jember. Para siswa diinstruksikan untuk berkumpul sekaligus mendapatkan pengarahan dari Kepala MTs Negeri 7 Jember, Bapak Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd. Dalam pengarahannya, beliau menyampaikan bahwa dengan datangnya tahun baru Islam ini merupakan salah satu penanda peristiwa penting bagi umat Islam yaitu tentang sejarah hijrah Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Kota Madinah. Di tahun yang baru ini, beliau berharap kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi serta dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita semua kepada Allah SWT. Siswa diharapkan dapat meneladani nilai-nilai keislaman dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW.

Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk melakukan syi’ar agama oleh siswa-siswi MTs Negeri 7 Jember. Para siswa sangat berantusias berpartisipasi dalam kegiatan ini. Hal tersebut dapat terlihat dari kreativitas siswa menghias sepeda dengan berbagai hiasan yang menarik. Kegiatan pelepasan sepeda hias keliling dipimpin langsung oleh kepala madrasah yang didampingi oleh kepala tata usaha dan waka MTs Negeri 7 Jember. Rute perjalanan sepeda hias keliling kali ini meliputi wilayah Umbulrejo, Sidorejo, dan Mundurejo.

Selama perjalanan, baik siswa maupun guru dapat mengikuti kegiatan ini dengan tertib dan lancar. Kegiatan 1 Muharram ini juga disambut baik oleh masyarakat. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan peserta didik dan seluruh elemen masyarakat sekitar MTs Negeri 7 Jember dapat memaknai peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW melalui kegiatan peringatan tahun baru Hijriah.

@femda

By maone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *