Senin, 13 Juni 2022
Dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam menggali, menemukan dan mengembangkan ide penelitian, MTs Negeri 7 Jember mengadakan kegiatan desiminasi perkemahan ilmiah remaja (PIR) bagi kelas riset MTs Negeri 7 Jember. Kegiatan ini diselenggarakan di Sentra Pembuatan Batik Priti’s Jombang, Jember dan di Wana Wisata Siti Sundari Senduro, Lumajang. Kegiatan ini diikuti oleh bapak/ibu pembimbing, para waka MTs Negeri 7 Jember, dan siswa-siswi kelas riset. Kelas Riset MTs Negeri 7 Jember terbagi menjadi 3 kelas yang meliputi Riset Sains, Riset Sosial Humaniora, dan Riset Agama.

Kegiatan dimulai pada pukul 07.00 WIB  dimana peserta dikumpulkan di halaman depan MTs Negeri 7 Jember untuk diberikan pengarahan oleh Bapak Eko Budi S., S.Pd. selaku Ketua Program Kelas Unggulan Riset dan Olimpiade MTs Negeri 7 Jember. Sebelum pemberangkatan, siswa dibimbing untuk doa bersama yang dipimpin oleh Bapak So’im, S.Pd.I. Tepat pukul 07.20 WIB siswa diberangkatkan menuju Sentra Pembuatan Batik Priti’s Jombang. Pada Sentra Pembuatan Batik Priti’s Jombang, siswa melakukan wawancara untuk menggali informasi dan menemukan ide penelitian terkait pembuatan batik diantaranya tentang sejarah berdirinya Priti’s Batik, langkah-langkah pembuatan batik, alat dan bahan yang digunakan, pemasaran produk dll.

Kegiatan selanjutnya yaitu desiminasi pada Wana Wisata Siti Sundari Senduro, Lumajang. Pada destinasi ini, siswa diminta untuk berkumpul dan berdiskusi dengan kelompok riset masing-masing guna menemukan judul dan ide penelitian. Setelah melakukan diskusi, siswa melaksanakan aktivitas outbond yang kemudian diikuti dengan makan siang dan sholat dhuhur berjamaah. Destinasi selanjutnya yaitu Glagah Arum yang terletak di Desa Kandang Tepus Senduro, Lumajang. Siswa istirahat sekaligus menikmati pemandangan camping ground yang asri di kaki Gunung Semeru. Dan tepat pukul 16.00 WIB kegiatan berakhir lalu dilanjutkan dengan perjalanan kembali ke MTs Negeri 7 Jember. Alhamdulillah baik siswa maupun pembimbing dapat sampai dengan selamat dengan membawa banyak ilmu serta wawasan baru. Semoga ilmu yang didapatkan dapat dikembangkan dengan maksimal sehingga menjadi ilmu barokah dan bermanfaat. Amin.


@femdana

By maone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.