Aksi bergizi nasional yang dilaksanakan di MTs Negeri 7 Jember, UPT Puskesmas Paleran pada hari Jumat (19/05/2023). Gerakan Aksi Bergizi bersama siswa siswi kelas 7, 8, dan 9. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan penyuluhan kesehatan bagi siswa.

Kegiatan dimulai pada pukul 07.00, dengan agenda pembukaan dan sambutan dari dr. Gurid Anggridiaksha selaku perwakilan dari Pihak Puskesmas Paleran. Sambutan selanjutnya oleh Ihsannuddin, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Madrasah Trsanawiyah Negeri 7 Jember. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa saat ini banyak anak-anak yang kekurangan gizi. Oleh sebab itu, pemenuhan gizi bagi anak anak harus dioptimalkan dengan menjaga pola hidup dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi.

Kegiatan selanjutnya adalah Senam pagi yang dipimpin oleh instruktur senam dari Puskesmas Paleran. Setelah kegiatan senam berakhir acara selanjutnya adalah sarapan bersama dengan bekal masing-masing yang dibawa dari rumah. Siswa dan siswi terlihat sangat menikmati kegiatan sarapan bersama karna mereka dapat saling sharing menu bekal bersama teman-temannya.

Sementara itu, tim Aksi Bergizi membagikan tablet penambah darah pada seluruh siswa untuk diminum secara serentak setelah sarapan. Selanjutnya, tim BKKBN dan Dokter gigi memberikan penyuluhan BKKBN dan kesehatan gigi kepada para siswa. Selain itu, mereka juga memberikan informasi tentang kesehatan keluarga dan tips menjaga kebersihan gigi. Sedangkan Tim POSBINDU dari Puskesmas Paleran mengadakan kegiatan Monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM terintegrasi seperti tensi tekanan darah, cek gula darah, mengukur tinggi dan berat badan, serta melakukan pengecekan kasar karbondioksida pada dewan guru.

Kegiatan diakhiri dengan unjuk bakat siswa dan siswi MTs Negeri 7 Jember dan pengumuman pemenang doorprise. Diharapkan setelah kegiatan aksi bergizi, siswa dapat lebih memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi dan mencegah anemia sejak dini.


@olik

By maone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *