Rabu, 27 Juli 2022, MTs Negeri 7 Jember ditunjuk untuk piloting implementasi Kurikulum Merdeka. Pembawa acara dalam workshop ini adalah Bu Sujarwati, S.Pd. Acara yang pertama adalah sambutan dari Kepala MTs Negeri 7 Jember Bapak Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd. Dengan adanya piloting ini, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan diantaranya adalah dokumen 1. Kurikulum merdeka merupakan penyempurnaan dari kurikulum yang sebelumnya. Pemberlakuan kurikulum merdeka ada beberapa tahapan yang akan sepenuhnya dilaksanakan pada tahun 2024. Dengan adanya hal tersebut, maka MTs Negeri 7 Jember mulai belajar untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka. Ada 3 tahapan aplikasi yaitu mandiri belajar, mandiri berbagi, dan mandiri berubah. Pada kegiatan workshop kali ini, pemateri sekaligus tutor guru penggerak yaitu Ibu Ari Eka Zullayli, S.Pd. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat membuat bahan ajar modul yang siap digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Kurikulum merdeka dibantu dengan platform merdeka belajar (PMB).

Acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kemenag Kab. Jember, Bapak Muhammad, S.Sos., M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa seluruh bapak ibu memiliki kewajiban untuk menjaga nama baik madrasah. Bagaimana untuk membentuk karakter? Perlunya ditegakkan hukum kepada orangĀ² untuk yang melanggar peraturan madrasah. Wajah indonesia ada dipundak kementrian agama. Selain itu juga perlu melakukan kominikasi dengan berbagai pihak dalam penerapan regulasi yang ada. Kekompakan sinergi bersama dalam menjaga nama baik madrasah. Mari kita niatkan segala sesuatu untuk beribadah memohon ridho dari Allah. Kita juga meneguhkan niat hati dan menata hati. Untuk dapat memulai menebarkan kebaikan dapat dimulai dengan hal-hal kecil kebiasaan yang dimulai oleh bapak ibu guru. Pembiasaan itu perlu dilakukan agar peserta didik dapat membentuk akhlaqul karimah yang sesuai dengan syariat Islam dan juga perlunya pembiasaan menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Tepat pukul 9.51 workshop implementasi secara resmi dibuka dan dimulai oleh Bapak Kepala Kemenag Jember.

Setelah kegiatan dibuka, acara selanjutnya adalah penyampaian materi oleh pemateri. Pada sesi pertama materi yang disampaikan adalah kebijakan kurikulum merdeka. Kemudian dilanjutkan penjelasan mengenai capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran. Sesi kedua adalah assesmen dalam pembelajaran, pembuatan modul ajar. Sesi ketiga adalah proyek penguatan profil pelajar pancasila.

Acara ditutup dengan pengarahan dari Pengawas KKM MTs Negeri 7 Jember Bapak M. Yasin Yusuf Ghozali, S.Pd., M.Pd., beliau menyampaikan agar guru melaksanakan kurikulum merdeka terutama pada kelas 7 Tahun Ajaran 2022/2023 dengan baik.

@olik

By maone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *